Thursday, July 17, 2014

Skin dan Pressure Drop pada sumur Migas

setelah mempelajari apa itu formation damage, maka selanjutnya dapat dilakukan perhitungan skin dan pressure drop yang terjadi.
Profil tekanan reservoir terhadap skin dan pressure drop
Perhatikan bahwa faktor skin hanya mempengaruhi respon tekanan pada zona sekitar lubang bor. Profil tekanan pada titik-titik di luar radius zona tidak terpengaruh oleh faktor skin
 .
Kita telah melihat bahwa penurunan tekanan tambahan karena skin pada lubang sumur dapat dihitung dari laju aliran dari fluida dan sifat batuan.

 


berikut adalah rumus yang dapat digunakan untuk menghitung skin dan pressure drop 



maka 
Untuk mencari permeability pada zona yang terkena efek skin, dapat menggunakan rumus berikut
Mencari Permeabilitas zona skin (altered zone)




The equation on the previous slide can be rearranged to solve for the permeability in the altered zone. 
If we know the reservoir permeability and the skin factor and can estimate the depth of the altered zone, we can estimate the permeability of the altered zone using this equation.

Jika permeabilitas di zona skin ( ka) jauh lebih besar daripada formasi permeabilitas k, maka sumur bor akan bertindak seperti sebuah sumur memiliki radius sumur bor semu (rwa).
 
Jari-jari lubang sumur yang semu ini dapat dihitung dari radius lubang sumur aktual dan faktor skin dengan rumus berikut


rumus radius lubang sumur semu
 .
Dengan mengetahui radius lubang sumur semu (rwa) diatas, maka kita dapat memperkirakan skin faktor minimum yang dapat terjadi ketika radius sumur bor rwa sama dengan drainase radius drainage dari sumur.

"ingat skin minimum berarti skin negatif = kerusakan lubang bor dapat diperbaiki dengan sempurna sehingga laju aliran dan tekanan tidak terhambat "

berikut rumus faktor skin minimum



1 comment:

  1. Selamat malam, numpang nanya rumus skin diatas buat mencari skin kondisi aktual sumur kan mas?

    ReplyDelete